SMK Negeri 2 Jepara Meraih Juara 2 LKS Tingkat Nasional Tahun 2020

Pelajar SMK Negeri 2 Jepara, Pramesti Arum W menunjukkan motif batik buatannya yang berhasil meraih juara 2 lomba LKS tingkat nasional baru-baru ini.  

Batik motif Mantingan karya siswa SMK Negeri 2 Jepara Pramesti Arum berhasil meraih juara nasional. Tepatnya juara II Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tingkat nasional mata lomba kriya tekstil.

Pramesti mengatakan, motif Mantingan fokus pada gapura makam Mantingan dan dikombinakan dengan ukiran Jepara dan lidah api. ”Motif itu dipadu dengan warna sogan,” katanya.

Pramesti mengikuti lomba secara daring pada 13-15 Oktober 2020. Dengan waktu lomba selama 15 jam. Dalam lomba tersebut, peserta diharuskan membuat batik. Mulai dari proses awal hingga akhir.

Aktivitasnya selama lomba dimulai dari pukul 08.00 hingga pukul 14.00. Dalam prosesnya harus direkam dengan 3 kamera dari arah yang berbeda. Saat pelaksanaan lomba juga dipantau langsung oleh juri melalui aplikasi zoom.

Dia melanjutnya, hasil lomba kemudian dikirim pada Jumat (16/10) untuk dinilai secara langsung. ”Pengumuman kami terima akhir pekan kemarin. Alhamdulillah bisa meraih juara 2,” ujarnya.

Sebelum maju ke tingkat nasional, Pramesti pernah menjadi juara 1 LKS tingkat provinsi Jawa Tengah dengan lomba yang sama. Saat itu dia mengangkat motif air terjun Songgolangit.

Sementara itu pemimbing lomba sekaligus Ketua Jurusan Tekstil SMK N 2 Jepara Eko Widiyanti didampingi guru Alfiyah bangga dengan prestasi yang berhasil diraih Pramesti. ”Pramesti mewakili Jateng maju di tingkat nasional dan meraih prestasi. Harapannya bisa memotivasi siswa yang lain untuk berkarya dan berprestasi,” ujarnya.

Bu Eko selaku guru pendamping mengatakan, sekolah sudah beberapa kali maju mengikuti lomba kriya tekstil pada LKS tingkat nasional.  Pada 2018 lalu salah satu siswanya juga berhasil meraih juara 1 lomba kriya tekstil LKS Nasional yang saat itu digelar di NTB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *