Siswa SMK N 2 Jepara akan bersaing di tingkat provinsi Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N )

FLS2N atau Festival Lomba Seni Siswa Nasional merupakan ajang kompetisi nasional yang bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengembangkan talenta peserta didik di bidang seni.

Penyelenggaraan FLS2N merupakan salah satu bentuk implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Melalui kegiatan seni, dapat dikembangkan nilai-nilai karakter sebagai harmonisasi antara olah pikir, olah rasa, olah hati dan olah raga untuk membentuk manusia sejati dan menjadi sarana peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan secara menyeluruh dan berkelanjutan. Kegiatan ini didukung oleh Dinas Pendidikan Provinsi di seluruh Indonesia, para penggiat seni dan budaya,praktisi maupun profesional di bidang lomba, serta kalangan masyarakat profesi terkait.

Untuk jenjang SMK tahun 2023 terdapat delapan bidang seni yang dilombakan. Kedelapan lomba tersebut yakni menyanyi solo, instrument solo: gitar, film pendek (fiksi), tari kreasi, monolog, kreativitas music tradisi, cipta lagu, dan kriya. Adapun ajang FLS2N tahun ini mengangkat tema dengan tajuk “Merdeka Berprestasi, Talenta Seni Menginspirasi”

Mekanisme FLS2N dilakukan secara berjenjang mulai dari tingkat sekolah, daerah/provinsi hingga nasional. Berdasarkan data peserta tahun ini yang mengunggah karya dan mengikuti seleksi FLS2N jenjang SMA/MA tingkat daerah/provinsi secara daring, tercatat sebanyak 17.184 pendaftar dan 15.565 karya peserta yang berasal dari 34 (tiga puluh empat) Provinsi dan Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN).

SMK N 2 Jepara Mendelegasikan siswa kelas XI yaitu ananda Andika Haris Setiawan sebagai perwakilan sekolah untuk mengikuti mata lomba Kriya. Andika meraih juara 1 pada tingkat kabupaten dan akan mewakili Jepara untuk bersaing di tingkat provinsi pada 20 – 22 Juni 2023 yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *