HARI DISABILITAS INTER NASIONAL 2021

Hari Disabilitas Internasional diperingati setiap 3 Desember. Namun demikian, tak banyak masyarakat Indonesia yang mengetahui bagaimana sejarah penetapan hari untuk kaum penyandang cacat tersebut.

Dalam Bahasa Inggris, Hari Disabilitas Internasional disebut International Day of Persons with Disability (IDPD). Seperti dikutip dalam situs United Nations, peringatan Hari Disabilitas Internasional biasanya digelar sepanjang minggu, mulai 30 November hingga 4 Desember.

Momen itu bersamaan dengan sesi ke-13 Konferensi Negara-Negara dan Konvensi Hak-Hak Penyandang Disabilitas.

Tujuan digelarnya Hari Disabilitas Internasional untuk mengembangkan wawasan masyarakat akan masalah kehidupan sosial para difabel. Selain itu, peringatan ini bertujuan untuk memberikan dukungan bagi mereka agar dapat meningkatkan martabat, hak, dan kesejahteraan mereka.

Inilah Sejarah Sejarah Hari Disabilitas Internasional

Hari Difabel Internasional (HDI) ditetapkan oleh United Nations Enable yang tugasnya mendukung dan mempromosikan hak-hak dan martabat para disabilitas. Pemikiran ini tercetus pada tahun 1975.

Pada tahun tersebut, muncul proklamasi Konvensi PBB tentang Hak-Hak Penyandang Disabilitas. Adanya konvensi tersebut diharapkan hak-hak sosial, politik, sipil, dan hak asasi manusia para disabilitas dapat diakui secara internasional.

The United Nations Decade of Disabled Persons digelar mulai tahun 1983 hingga tahun 1992 untuk memungkinkan pemerintah dan organisasi menerapkan langkah-langkah guna meningkatkan kesejahteraan para disabilitas di seluruh dunia.

Pada 14 Oktober 1992, Majelis Umum PBB menyatakan bahwa 3 Desember diperingati sebagai Hari Disabilitas International (International Day of Disabled Persons). HDI untuk pertama kalinya diperingati pada 3 Desember 1992.

Lalu, majelis tersebut mengubah nama International Day of Disabled Persons menjadi International Day of Persons with Disabilities pada 18 Desember 2007. Nama anyar itu mulai digunakan secara resmi pada tahun 2008.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *