WITNESS LSP SMK NEGERI 2 JEPARA

LSP P1 SMKN 2 Jepara melaksanakan kegiatan Witness pada tanggal 29 – 31 Desember 2021 yang merupakan tindak lanjut dari kegiatan Full Assessment oleh Tim Asesor dari BNSP. Setelah ditetapkannya Lisensi BNSP untuk LSP P1 SMKN 2 Jepara NOMOR KEP.2611/BNSP/XII/2021, diselenggarakan uji kompetensi pertama dengan pengamatan langsung dari BNSP untuk 7 (Tujuh) skema sertifikasi yang terdapat dalam lisensi yaitu :

  1. Skema Sertifikasi KKNI Level II untuk Kompetensi Keahlian Animasi.
  2. Skema Sertifikasi KKNI Level II untuk Kompetensi Keahlian Kriya Kreatif Batik Dan Tekstil.
  3. Skema Sertifikasi KKNI Level II untuk Kompetensi Keahlian Kriya Kreatif Kayu Dan Rotan.
  4. Skema Sertifikasi KKNI Level II untuk Kompetensi Keahlian Kriya Kreatif Logam Dan Perhiasan.
  5. Skema Sertifikasi KKNI Level II untuk Kompetensi Keahlian Kriya Kreatif Keramik.
  6. Skema Sertifikasi KKNI Level II untuk Kompetensi Keahlian Tata Busana.
  7. Skema Sertifikasi KKNI Level II untuk Kompetensi Keahlian Desain Interior dan Teknik Furnitur.

Dalam rangka melaksanakan sertifikasi kompetensi kerja, maka BNSP dapat memberikan lisensi kepada Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) yang memenuhi persyaratan sesuai dengan pedoman BNSP, dan untuk memantau kepatuhan LSP dalam penerapan pedoman BNSP maka perlu diadakan penyaksian Uji terhadap LSP SMK Negeri 2 Jepara.

Tim BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) yang hadir terdiri dari :

  1. Ibnu Nur S sebagai Ketua
  2. Hendriyan Matheus sebagai Anggota
  3. Yohana Hillary Theresia Sebagai Observer

Tim BNSP menyampaikan daftar  periksa dokumen LSP menuju lisensi BNSP seperti aspek legalitas dan kelengkapan admistrasi pembentukan LSP, aspek pengelolaan organisasi dan sumberdaya LSP, aspek pengelolaan SDM LSP, aspek pengelolaan dokumen, rekaman dan sistem sertifikasi kompetensi, dan aspek pengelolaan dokumen sistem manajemen mutu LSP. Penilaian dari dokumen yang telah disiapkan oleh tim LSP sampai penyaksian  pelaksanan uji LSP dilakukan terhadap para siswa sebagai asesi dari semua kompetensi keahlian dengan assesor penguji.

Kepala SMK N 2 Jepara, Drs. Muh. Zainudin Azis,M.Ds., selaku Dewan Pengarah menyampaikan bahwa tuntutan kebutuhan industri membutuhkan tenaga kerja yang memiliki kompetensi yang terstandarisasi dan profesional. Dengan pelaksanaan uji sertifikasi LSP membantu menyiapkan tenaga profesi yang kompeten dalam bekerja dan meningkatkan percaya diri tenaga profesi. Meningkatkan link and match antara kompetensi lulusan sekolah dengan tuntutan kompetensi di industri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *